Friday, April 13, 2012

Taubatnya Sang Deadliner



Dari Mu’adz bin Jabal radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang ucapan terakhirnya (sebelum meninggal dunia) kalimat ‘Laa ilaaha illallah’ (tidak ada sembahan yang benar kecuali Allah) maka dia akan masuk surga"

Apa yang ada dalam pikiran Anda setelah membaca hadist di atas? saya yakin, sebagian dari kita beranggapan asal sesaat sebelum meninggal baca kalimat itu, pasti akan masuk surga. 

Hmmm.... semudah itukah? lalu bagaimana dengan orang yang dahulunya sangat ingkar trus pas mau meninggal dia berhasil mengucapkannya? masuk surgakah? wah, enak banget dong kalo masuk surga. kalo gitu mah mending sekarang berbuat suka - suka dulu, trus entar kalo udah mau meninggal, baru taubat deh.

Bagaimana dengan orang yang ketika hidup bisa menjadi orang yang saleh namun ketika meninggal tidak beruntung, sehingga tidak sempat mengucapkannya?
Nah.. mari kita lihat QS Annisa ayat 18 berikut:

"Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : "Sesungguhnya saya bertaubat sekarang." Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. "

atau, baca surat QS yunus ayat 90-91
 "Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan."

Jadi, taubat itu g bisa di akhir hayat, istilah kerennya mah deadline. jangan sampai kita termasuk ke dalam deadliner dalam bertaubat ya.. aamiin

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons